Rabu, 18 Maret 2015

kebudayaan



Kamis 19 maret 2015
Hikmah
Kebudayaan
Kebudayaan merupakan unsur penting dari kehidupan manusia. Menurut saya setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia berhubungan dengan kesebudayaan. Kebudayaan juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan disekitar kita. Berikut ini beberapa uraian tentang kebudayaan menurut para ahli:
·       Kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks ,yang di dalamnya terkandung lmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan yang lain serta kebiasaan  yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat. (E.B. TYLOR: 1871).
Sumber: buku Antropologi Budaya, pengarang I Gede A.B Wiranata, S.H., M.H.)
·       Kebudayaan adalah konfigurasi tingkah laku, yang unsur pembentukannya didukung dan diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu.(R. LINTON:1947).
Sumber:buku Antropologi Budaya, pengarang I Gede A.B Wiranta, S.H., M.H.)
·       Budaya adalah “daya dari budi” yang berupa cipta, karsa dan rasa, sedangkan kebudayaan adalah hasil dari cipta, karsa dan rasa itu. (M.M. Djojodigoeno, azas-azas sosiologi(1986):hlm. 24-27.
Sumber: buku Pengantar Ilmu Antropologi, pengarang Koentjaraningrat.
         
Hubungan antara Antropologi dengan Arkeologi.

Pengertian Antropologi menurut Ariyono suyono (1985), Antropologi berasal dari kata latin; Anthtopos yang berarti manusia dan Logos atau akal. Dengan begitu antropologi adalah ilmu yang berusaha mencapai pengertian tentang mahluk manusia dengan mempelajari aneka warna, fisik, kepribadian,masyarakat serta kebudayaannya. Ilmu-ilmu antropologi terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah Paleoantropologi. Paleoantropologi adalah Ilmu yang menelitisoal asal usul atau terjadi dan evolusi mahluk manusia dengan menggunakan bahan-bahan penelitian berupa sisa-sisa tubuh yang telah membatu(fosil). Sumber: Antropologi Budaya, I Gede A.B. Wiranata, S.H.,M.H. Sedangkan Arkeologi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang hal ihwal kehidupan manusia masa lampau melalui peninggalan materialnya.(Pengantar Antropologi umum.Dipersiapkan oleh Iwan Sumantri diterjemahkan dari buku IN THE BEGINNING: An Introduction Archaeology KARYA: Brian M. Fagan 1985 hal 1-36).
    Dari uraian di atas mengenai Antropologi dan Arkeologi, terdapat beberapa hubungan yaitu kedua ilmu ini mempelajari tentang manusia lampau yang fokus pada material atu benda-benda peninggalan masa lampau seperti fosil. Faktor inilah yang membuat Ilmu Antropologi dan Arkeologi berhubungan.
                                                                                                                  HIKMAH
                                                                                                                 F61113009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar