Jumat, 27 Maret 2015

MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN INDONESIA



 JUMAT 27 MARET 2015
HIKMAH, ARKEOLOGI UNIVERSITAS HASANUDDIN
F61113009
MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN INDONESIA
Hubungan antara manusia, lingkungan, dan kebudayaan
Seperti kita ketahui manusia, lingkungan serta kebudayaan merupakan tiga unsur yang mempunyai peran masing-masing tetapi tiga unsur ini masih saling terkait satu sama lain. Dalam tiga unsur ini yang paling penting  adalah manusia.
  Manusia adalah mahluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Allah dan diberi akal untuk menjalankan kehidupan di bumi. Akal inilah yang membedakan manusia dengan mahluk lainnya. Manusia  berperan penting dalam segala proses kehidupan.bisa dikatakan manusia merupakan tokoh utama dalam setiap sudut kehidupan.
Dalam setiap aktivitas manusia, tidak terlepas dari peran lingkungan yang ada disekitarnya. Lingkungan berperan untuk menunjang kelanjutan hidup dari manusia. Lingkungan atau alam merupakan sumber utama manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan juga mempengaruhi cara bertahan hidup manusia, contohnya didaerah pegunungan manusia bergantung pada alam sekitarnya dengan cara membuka lahan untuk bertani dan berladang dan juga didaerah pegunungan biasanya penduduk memakai baju yang lebih tebal karena biasanya didaerah pegunungan suhunya agak dingin. Sedang manusia yang hidup didaerah pesisir biasanya lebih memfokuskan diri pada mata pencaharian sebagai nelayan dan di daerah pesisir manusia biasanya memakai baju yang agak tipis karena hawa didaerah pesisir panas.
Dari uraian diatas bisa dikatakan lingkungan mempunyai arti penting untuk manusia agar tetap dapat bertahan hidup. Lingkungan mempengaruhi terbentuknya kebudayaan. Dalam buku yang saya baca PENGANTAR ANTROPOLOGI (I GEDE A.B WIRANATA,S.H.,M.H), kebudayaan adalah keseluruhan kompleks, yang didalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan yang lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat ( E.B TYLOR: 1871). Pengertian kebudayaan diatas menunjukkan bahwa kebudayaan juga berkaitan dengan manusia dan lingkungannya. Secara singkat kebudayaan adalah kebiasaan. Kebudayaan tidak akan tercipta jika manusia dan lingkungan tidak ikut berperan didalamnya. Kebudayaan tercipta karena dipengaruhi oleh lingkungan yang ada disekitar kita.
 Inilah yang menjadi tolak ukur hubungan manusia, lingkungan serta kebudayaannya yang saling berpengaruh satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar